Monday, 15 October 2018

Mengapa kalian (Mahasiswa Baru) harus ikut Mapala UPN Jogja?

Dokumentasi: momen melingkar ketika selesai Diklatsar 2017,yang sudah membudaya di setiap kegiatan Mapala UPN Jogja.


Mengapa kalian (Mahasiswa baru) harus ikut Mapala UPN Jogja?

          (Jogja, 15/10/18) Mungkin itu juga menjadi pertanyaan saya ketika menjadi seperti kalian, seorang mahasiswa baru "Mengapa saya harus ikut Mapala UPN?". Sebelum jauh menjawab pertanyaan tersebut,kita harus tau dulu apa itu Mapala UPN? Mapala UPN sendiri adalah sebuah Unit kegiatan Mahasiswa (UKM) satu-satunya yang diakui dan mendapat skep dari Rektor yang berkecimpung di dunia Kepecinta Alaman. Waduh... apalagi itu Pecinta Alam? Menurut sayainta alam adalah seseorang yang mempunyai jiwa dan kepedulian terhadap alam sebagai objeknya. baik itu berkegiatan di alam dan ikut menjaga kelestarian alam dengan berbagai caranya. Seperti melakukan pelestarian alam, berkegiatan di alam,bahkan dengan hal kecil saja,misal denngan membuang sampahnya sendiri pada tempatnya, sudah layak dia disebut pecinta alam.
      Setelah kita mengetahui sedikit tentang Mapala UPN, sebenarnya banyak jika ingin menjelaskan tentang Mapala UPN ini, karena begitu banyak kegiatan dan pengalaman yang sudah dilakukanya sedari 28 tahun Organisasi ini terbentuk tanggal 15 Juni 1991 sampai sekarang.
Oke,kita kembali lagi ke pertanyaan utama "Kenapa Kalian  (Mahasiswa Baru) Harus Ikut Mapala UPN?" jawabnya simple saja kawan,karena disini kalian akan mendapatkan sesuatu yang tak pernah kalian dapatkan sebelumnya. Mulai dari rasa persaudaraan yang kuat antar anggota,dari angkatan perintis organisasi sampai angkatan paling kecil (Angkt.2017) semuanya kompak, silaturahminya terjaga . Kemudian lagi, akan mendapatkan pengalaman yang luar biasa dari kegiatan-kegiatannya dalam 5 divisinya,seperti:




HUTAN GUNUNG/MOUNTAINERING
Dokumentasi: Pendakian massal  Mapala UPN Jogja Gunung Merbabu tahun 2017






SUSUR GOA/CAVING
Dokumentasi: Penelusuran salah satu Goa di Purworejo oleh Anggota Mapala UPN Jogja



ARUNG JERAM/RAFTING
Dokumentasi: Pengarungan dan Pemetaan di Sungai Progo Atas.


PANJAT TEBING/CLIMBING
Dokumentasi: Pemanjatan di Tebing Siung oleh salah satu anggota Mapala UPN Jogja.



KONSERVASI SUMBERDAYA ALAM
Dokumentasi: Pengamatan burung liar di kawasan Hutan Turgo, Jogja.




Kalian tidak perlu takut untuk mengikuti semua kegiatan diatas,karena dalam setiap melakukan semua kegiatan outdoor pasti berlandaskan Standard Operasional Prosedur (SOP) yang jelas,jadi tetap safety pastinya ya.
Tidak hanya itu kalian juga selain berkegiatan di alam secara langsung,kalian juga akan diajarkan cara ber organisasi yang baik,dari cara membuat proposal,menyusun laporan,sampai mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan kesekretariatan.
           Satu lagi yang dapat memperkuat alasan "Kenapa Kalian (Mahasiswa Baru) Harus Ikut Mapala UPN?" bukan mau menyombongkan diri,nyatanya kita memang mampu dan berhasil menorehkan berbagai prestasi. Dari yang mengikuti lomba-lomba,mengadakan kegiatan-kegiatan yang bagus,dan mendapatkan penghargaan-penghargaan. seperti: Ekspedisi Cartenz,Ekspedisi Borneo, Ekspedisi Celebes. Selain itu Mapala UPN Jogja juga sering mengadakan lomba-lomba tingkat Nasional,seperti Lomba Panjat Dinding Nasional dan Lomba Single Rope Technique.
          Lalu dengan berbagai alasan-alasan yang telah saya jabarkan diatas,masihkah kalian ragu untuk ikut dan bergabung bersama kami (MAPALA UPN)? Namun ingat bukan kami meminta bukan juga kami mengemis kepada kalian untuk menjadi anggota kami,karena "KAMI TIDAK MENCARI ANGGOTA,KAMI MENCARI SAUDARA".

Editor by:
(Badan Galia:Rowo MPA 017.234)