Tuesday, 4 December 2018

Mari bersiaga,di musim penghujan kota Jogja



  
Foto: Rescue banjir di Imogiri,Bantul oleh Anggota Mapala UPN Jogja


(Jogja,04-11-18) Jogja dewasa ini terus diguyur hujan,tanda musim hujan semakin menampakkan "jati dirinya". Bahkan sekalinya, hujan deras pernah mengguyur berjam-jam lamanya. Wilayah Jogja yang sekarang tampaknya memang kurang bersahabat dengan hujan itu sendiri,dimana terbukti dengan kurangnya daerah resapan air hujan disetiap sudut kotanya. Di Jogja banyak gedung-gedung tinggi bertingkat,banyak pohon yang ditebang,banyak tanah-tanah yang disemen,banyak sungai yang beralih fungsi menjadi tempat sampah dll. Kejadian itulah yang mungkin mengharuskan kita untuk siaga ketika musim penghujan.

        Jogja sendiri dari tahun selalu terjadi bencana terkait masalah ketika musim penghujan itu. Dari mulai banjir,puting beliung,tanah longsor,pohon tumbang. Seperti pada tahun kemarin tepatnya di bulan November,terjadi banjir yang lumayan besar di Jogja bagian selatan, seperti di daerah Bantul,Imogiri dan sekitarnya. Tipe banjir disana merupakan banjir yang lama menggenang airnya, dimana notabene disana memang bukan dataran tinggi. Jadi banjir disana terjadi dalam beberapa hari tanpa surut, apalagi ketika terjadi hujan lagi,maka volume airnya akan meningkat.

         Maka oleh karena itu,mari kita tetap bersiaga di musim penghujan Jogja. Bersiaga bisa dilakukan dengan berbagai cara,bisa dilakukan dari hal yang lebih kecil dulu,semisal tidak membuang sampah sembarang. Sampai pada suatu saat terjadi kejadian atau bencana yang tidak diinginkan,kita tidak perlu panik dan takut. Tetap tenang,waspada dan lakukan hal yang memang bisa dan mumpuni untuk kita lakukan,sampai ada bantuan yang siap untuk melakukan misi kemanusiaan nya ditempat anda. 

Editor by:
(Badan Galia:Rowo MPA 013.234)