Thursday, 29 November 2018

Bersama Mahapala UPN Jawa Timur, Mengarungi derasnya jeram di


 


Dokumentasi: Foto tim bersama sebelum pengarungan

     (29-11-18) Arung jeram merupakan salah satu olahraga raga air yang sudah lama menjadi favorit dari kalangan penggiat alam,tak terkecuali penggiat alam yang tergabung dalam organisasi Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam). Karena selain membutuhkan teknik yang tinggi olahraga ini juga menantang, khususnya bagi para anak muda di Mapala yang suka akan tantangan. Pada hari Sabtu-minggu kemarin tanggal 24-25 Oktober Mapala UPN Jogja dan Mahapala UPN Jawa Timur melakukan kegiatan pengarungan bersama di Sungai Serayu. Dimana titik start pengarungan ini dilakukan di Sungai Serayu di Daerah Kabupaten Wonosobo,Jawa Tengah tepatnya di Jembatan Belimbing dan titik finishnya berada di daerah Hilir Sungai Serayu, Banyu Wong yang berada di Daerah Boja, kabupaten Banjarnegara,Jawa Tengah.
       Rombongan tim pengarungan semuanya berjumlah 21 orang yang berangkat bersama-sama dari Jogja menggunakan mobil, sehari sebelum pengarungan. Sesampainya di titik start tim pengarungan istirahat semalam di Basecamp pengarungan menggunakan tenda dome yang sebelumnya telah disiapkan di Jogja. Kemudian paginya baru kita membagi dari 21 orang ini menjadi tiga tim,per tim diberikan masing-masing 1 perahu karet dan alat-alat pengarungan lainnya. Kemudian setelah tim terbagi,kita berolahraga dan peregangan otot-otot sebelum pengarungan di mulai. Setelah berolahraga dilanjutkan dengan briefing oleh masing-masing dari ketua tim, kemudian berdoa untuk kesuksesan dan keselamatan selama pengarungan.
     Hujan yang beberapa hari sebelumnya mengguyur di sekitar Sungai ternyata sangat berpengaruh terhadap debit air di Sungai Serayu. Stopper yang biasanya terlihat jelas, nyaris banyak yang berganti menjadi pillow,Standing wave besar bergelombang di arus utama Sungai dan Eddie yang sangat jarang ditemukan karena derasnya air mengalir. Namun itu bukan menjadi penghalang bagi ke 3 tim pengarungan,yang mana justru itu menjadi motivasi dan tantangan untuk menyelesaikan kegiatan pengarungan ini. Namun kami  tetap memperhatikan prosedur keselamatan yang ada.
    Setelah sampai finish yaitu di Basecamp Banyu Wong,kami bercengkrama,bercerita tentang pengarungan tadi dilanjutkan dengan evaluasi selama kegiatan pengarungan. Disitu kita berkomitmen bahwa kita akan sering-sering melakukan kegiatan bersama, rencananya bukan hanya Arung jeram,tapi kegiatan lainnya seperti susur goa,naik gunung dan panjat tebing. Diharapkan kegiatan yang seperti ini menjadi wahana untuk menyambung tali silaturahmi antara Mapala UPN Jogja dengan Mahapala UPN Jawa Timur dan juga dengan Mapala-Mapala lain di seluruh Indonesia.


Editor by:
(Badan Galia:Rowo MPA 017.234)